Penilaian Kondisi Jembatan Bentang Panjang


Structural Health Monitoring (SHM) merupakan implementasi dari pengidentifikasian kerusakan struktu. dimana kerusakan didefinisikan sebagai perubahan material dan/atau geometri dari sistem struktur, termasuk perubahan kondisi perletakan dan sistem sambungan. kerusakan ini berpengaruh pada kinerja sistem baik saat ini atau masa yang akan datang.
 
Seiring dengan pertambahan usia suatu struktur, terjadi penurunan kinerja struktur tersebut. Akibatnya diperlukan penilaian kondisi untuk mengetahui sejauh mana penurunan itu terjadi.  hal tersebut berlaku pada jembatan khususnya jembatan bentang panjang dengan struktur yang kompleks. Penilaian kondisi ini dimulai ketika adanya perubahan struktur. Perubahan ini dapat berupa kerusakan struktural yang prosesnya tergantung pada waktu (mis: korosi dan fatik (fatigue)), akibat pembebanan (mis: peningkatan beban lalu lintas), akibat adanya kecelakaan, dan/atau penambahan umur layan jembatan. selain itu, penilaian kondisi ini dilakukan juga untuk menganalisis kehandalan struktur saat ini.
 
Secara umum penilaian kondisi struktur ini merupakan proses untuk menentukan kehandalan struktur dalam menahan beban baik untuk saat ini maupun masa yang akan datang. Hal yang perlu diperhatikan adalah mengidentifikasi keadaan batas struktur dimana hal ini terkait dengan variabel struktur yang diselidiki dan prosedur penilaian yang diterapkan.  Dua tujuan utama dilakukannya penilaian kondisi struktur eksisting adalah kepastian dan keamanan daya layan struktur serta minimalisasi biaya pemeliharaan.

Instagram