Karet Elastomer Bantalan Jembatan

Karet Elastomer Bantalan Jembatan

Bantalan Karet Elastomer adalah perangkat yang mengirim beban dari bangunan atas ke bangunan bawah dan berguna juga untuk mengakomodasi pergerakan dan perpindahan. Bantalan dibangun untuk menahan beban dan deformasi simultan ke segala arah, dan juga memungkinkan untuk menciptakan rotasi kecil di salah satu sumbu bantalan itu. Bantalan IRC dapat seluruhnya terbuat dari karet atau dapat diperkuat dengan baja lembaran khusus untuk meningkatkan kapasitas dan kekuatan transversal.

Jenis karet elastomer bantalan jembatan:
– Karet elastomer bantalan yang tidak mengandung pelat baja.
– Laminated elastomer pelat bantalan baja yang mengandung laminasi terikat karet.
– Karet bantalan laminated direkomendasikan untuk banyak kasus konstruksi karena memberikan kinerja yang lebih handal dan stabilitas yang lebih baik.
– Plain pad dan jalur bantalan hanya cocok untuk beban rendah dan strain geser kecil.
Fungsi karet elastomer bantalan jembatan:
Struktur dibuat untuk perpindahan yang tak terlihat dan rotasi, yang harus ditampung untuk melindungi struktur dan sekitar infrastruktur. Penyebab paling umum dari pergerakan:
– Perubahan suhu
– Pergerakan lalu lintas dan kemacetan pada jembatan
– Angin
– Penyusutan
– Pergerakan pondasi
– Tekanan


elastomer karet jembatan

Fungsi bantalan ini adalah untuk aman mengakomodasi berbagai gerakan dan rotasi serta mendukung berat struktur dan untuk mengirimkan beban hingga dasar struktur.
Karet elastomer bantalan jembatan dirancang untuk mengakomodasi tiga jenis gerakan:
– Vertikal
– Memotong
– Rotasi
Untuk mentransfer beban dari bangunan atas (baik vertikal maupun horisontal) ke bangunan bawah. 
Jembatan dengan bentang kurang dari 10 meter biasanya tidak memerlukan bantalan apapun. Untuk mengakomodasi gerakan translasi (ekspansi dan kontraksi) misalnya gerakan akibat suhu (bisa membesar di jembatan baja, hingga 300 mm) karena beban benda mati dan makhluk hidup, terutama miring jalan, penyusutan, kemacetan, dll. Untuk mengakomodasi gerakan rotasi deck girder. Rotasi yang terjadi karena geladak menangkis bawah beban. Juga, beberapa rotasi relatif terjadi pada bagian komposit karena sifat yang berbeda dari beton dan baja. Penyelesaian diferensial juga dapat menyebabkan beberapa gerakan rotasi. Untuk membatasi kekuatan ditransmisikan ke substruktur dengan desain yang sesuai. Untuk memberikan redaman getaran dan meminimalkan efek dari dampak pembebanan dalam kasus bantalan elastomer.
Standarisasi
Gada Bina Usaha dapat memproduksi bantalan jembatan elastomer sesuai dengan semua standar internasional sebagai berikut:
Elastomer Karet Jembatan
Elastomer Karet Jembatan

Amerika AASHTO, Eropa EN1337-3, BS Inggris 5400, Italia CNR 10018, Jerman DIN 4141, Perancis Setra BT4, misalnya elastomer yang digunakan dalam cetakan proses dapat polychloroprene (neoprene), karet alam atau SBR tergantung spesifikasi yang diminta. Moulding bantalan pad dilakukan pada sepenuhnya otomatis  pencetakan kompresi mesin dengan sistem vakum yang menjamin tidak ada intrapment udara di dalam bantalan karet. 

Instagram