NO. | JUDUL STANDARD | NOMOR STANDARD | RUANG LINGKUP |
1 | Metode Pengujian Kekakuan Tekan dan Kekakuan Geser Bantalan Karet Jembatan | SNI 03-3966-1995 | Metode ini digunakan untuk menentukan kekakuan tekan dan kekakuan geser bantalan karet jembatan |
Metode Pengujian Karet Spon Sebagai Bahan Pengisi Siar Muai Pada Konstruksi Beton | SNI 03-4429-1997 | Metode ini digunakan untuk memperoleh data pada mutu karet spon siap pakai sebagai bahan pengisi siar muai konstruksi beton. | |
3 | Metode Pengujian Bantalan Karet Untuk Perletakan Jembatan | SNI 03-4801-1998 | Metode ini digunakan untuk pengujian bantalan karet jembatan yang polos maupun berlapis. |
4 | Spesifikasi Konstruksi Jembatan Tipe Balok T Bentang sampai dengan 25 meter untuk BM 70 | SNI 03-1747-1989 | Spesifikasi ini berisikan penjelasan umum, teknis dan detail gambar Rencana Jembatan Balok "T" kelas Beban BM 70 (70 % pembebanan BM) |
5 | Spesifikasi Konstruksi Jembatan Tipe Balok T Bentang sampai dengan 25 meter untuk BM 100 | SNI 03-1748-1989 | Spesifikasi ini berisikan penjelasan umum, penjelasan teknis dan detail gambar Rencana Jembatan Balok "T" kelas Beban B.M 100 (100% pembebanan BM ). |
6 | Spesifikasi Pilar dan Kepala Jembatan Sederhana Bentang 10 meter dengan Pondasi Tiang Pancang. | SNI 03-2451-1991 | Spesifikasi ini bertujuan untuk memudahkan perencanaan dan pelaksanaan pembangunan jembatan serta penghematan pada jembatan sederhana bentang 10 m. |
7 | Spesifikasi Pilar dan Kepala Jembatan Sederhana Bentang 11 meter dengan Pondasi Tiang Pancang. | SNI 03-2532-1991 | Spesifikasi ini bertujuan untuk memudahkan perencanaan dan pelaksanaan pembangunan jembatan serta penghematan pada jembatan sederhana bentang 11 m |
8 | Spesifikasi Pilar dan Kepala Jembatan Sederhana Bentang 12 meter dengan Pondasi Tiang Pancang | SNI 03-2533-1991 | Spesifikasi ini bertujuan untuk memudahkan perencanaan dan pelaksanaan pembangunan jembatan serta penghematan pada jembatan sederhana bentang 12 m |
9 | Spesifikasi Pilar dan Kepala Jembatan Sederhana Bentang 13 meter dengan Pondasi Tiang Pancang. | SNI 03-2534-1991 | Spesifikasi ini bertujuan untuk memudahkan perencanaan dan pelaksanaan pe-mbangunan jembatan serta penghematan pada jembatan sederhana bentang 13 m |
10 | Spesifikasi Pilar dan Kepala Jembatan Sederhana Bentang 14 meter dengan Pondasi Tiang Pancang | SNI 03-2535-1991 | Spesifikasi ini bertujuan untuk memudahkan perencanaan dan pelaksanaan pembangunan jembatan serta penghematan pada jembatan sederhana bentang 14 m |
11 | Spesifikasi Pilar dan Kepala Jembatan Sederhana Bentang 15 meter dengan Pondasi Tiang Pancang | SNI 03-2536-1991 | Spesifikasi ini bertujuan untuk memudahkan perencanaan dan pelaksanaan pembangunan jembatan serta penghematan pada jembatan sederhana bentang 15 m |
12 | Spesifikasi Pilar dan Kepala Jembatan Sederhana Bentang 16 meter dengan Pondasi Tiang Pancang | SNI 03-2537-1991 | Spesifikasi ini bertujuan untuk memudahkan perencanaan dan pelaksanaan pembangunan jembatan serta penghematan pada jembatan sederhana bentang 16 m |
13 | Spesifikasi Pilar dan Kepala Jembatan Sederhana Bentang 17 meter dengan Pondasi Tiang Pancang. | SNI 03-2538-1991 | Spesifikasi ini bertujuan untuk memudahkan perencanaan dan pelaksanaan pembangunan jembatan serta penghematan pada jembatan sederhana bentang 17 m |
14 | Spesifikasi Pilar dan Kepala Jembatan Sederhana Bentang 18 meter dengan Pondasi Tiang Pancang | SNI 03-2539-1991 | Spesifikasi ini bertujuan untuk memu-dahkan perencanaan dan pelaksanaan pembangunan jembatan serta penghe-matan pada jembatan sederhana bentang 18 m |
15 | Spesifikasi Pilar dan Kepala Jembatan Sederhana Bentang 19 meter dengan Pondasi Tiang Pancang | SNI 03-2540-1991 | Spesifikasi ini bertujuan untuk memudahkan perencanaan dan pelaksanaan pembangunan jembatan serta penghematan pada jembatan sederhana bentang 19 m |
16 | Spesifikasi Pilar dan Kepala Jembatan Sederhana Bentang 20 meter dengan Pondasi Tiang Pancang. | SNI 03-2541-1991 | Spesifikasi ini bertujuan untuk memudahkan perencanaan dan pelaksanaan pembangunan jembatan serta penghematan pada jembatan sederhana bentang 20 m |
17 | Spesifikasi Pilar dan Kepala Jembatan Sederhana Bentang 21 meter dengan Pondasi Tiang Pancang | SNI 03-2542-1991 | Spesifikasi ini bertujuan untuk memudahkan perencanaan dan pelaksanaan pembangunan jembatan serta penghematan pada jembatan sederhana bentang 21 m |
18 | Spesifikasi Pilar dan Kepala Jembatan Sederhana Bentang 22 meter dengan Pondasi Tiang Pancang | SNI 03-2543-1991 | Spesifikasi ini bertujuan untuk memudahkan perencanaan dan pelaksanaan pembangunan jembatan serta penghematan pada jembatan sederhan bentang 22 m |
Agen Karet Elastomer Jembatan
Penggunaan dan aplikasi Karet Elastomer (Elastomer Jembatan) sebagai salah satu bahan yang sangat penting pada pekerjaan konstruksi jembatan sebagai bantalan jembatan (tatakan jembatan) yang berguna untuk meningkatkan ketahanan dan kekuatan dalam menampung beban pada jembatan.Karet Elastomer terbuat dari Karet Alam dengan ukuran tertentu sesuai dengan ukuran detail gambar jembatan yang disarankan konsultan maupun dinas terkait.
- Karet Elastomer Jembatan jenis 1 300 X 350 X 36 mm
- Karet Elastomer Jembatan jenis 2 350 X 400 X 39 mm
- Karet Elastomer Jembatan jenis 3 400 X 450 X 45 mm
PRODUK -
Karet Konstuksi - Gada Bina Usaha 081233069330
rubber bumper
gudang / karet bumper loading dock,karet expansion joint / karet dilatasi
karet dapra
kapal, karet graving dock ,landasan karet strip jembatan, rubber fender dermaga
/karet fender dermaga
dengan segala
model bentuk dan ukuran kami dapat memproduksi kebutuhan karet konstruksi jembatan, dermaga, bangunan di
Indonesia.spesifikasi dan kebutuhan dapat hubungi kami :
CV.Gada Bina
Usaha – Andreas – Fast Respon WA
Dengan
Workshop Pabrik yang jelas bisa disurvey klik – Peta Workshop Gada Bina Usaha
Produk rubber
fender dermaga, karet elastomer jembatan, karet bumper loading dock, karet
dapra kapal, bollard, karet expansion joint web lengkap : https://karetkonstruksi.co.id/
Structural Health Monitoring (SHM) merupakan implementasi dari pengidentifikasian kerusakan struktu. dimana kerusakan didefinisikan sebagai perubahan material dan/atau geometri dari sistem struktur, termasuk perubahan kondisi perletakan dan sistem sambungan. kerusakan ini berpengaruh pada kinerja sistem baik saat ini atau masa yang akan datang.
Seiring dengan pertambahan usia suatu struktur, terjadi penurunan kinerja struktur tersebut. Akibatnya diperlukan penilaian kondisi untuk mengetahui sejauh mana penurunan itu terjadi. hal tersebut berlaku pada jembatan khususnya jembatan bentang panjang dengan struktur yang kompleks. Penilaian kondisi ini dimulai ketika adanya perubahan struktur. Perubahan ini dapat berupa kerusakan struktural yang prosesnya tergantung pada waktu (mis: korosi dan fatik (fatigue)), akibat pembebanan (mis: peningkatan beban lalu lintas), akibat adanya kecelakaan, dan/atau penambahan umur layan jembatan. selain itu, penilaian kondisi ini dilakukan juga untuk menganalisis kehandalan struktur saat ini.
Secara umum penilaian kondisi struktur ini merupakan proses untuk menentukan kehandalan struktur dalam menahan beban baik untuk saat ini maupun masa yang akan datang. Hal yang perlu diperhatikan adalah mengidentifikasi keadaan batas struktur dimana hal ini terkait dengan variabel struktur yang diselidiki dan prosedur penilaian yang diterapkan. Dua tujuan utama dilakukannya penilaian kondisi struktur eksisting adalah kepastian dan keamanan daya layan struktur serta minimalisasi biaya pemeliharaan.
sumber : http://www.bjbj-pu.com
Elastomer Jembatan adalah sebutan dalam dunia konstruksi terutama konstruksi jembatan sebagai Perletakan Elastomer Jembatan karena aplikasinya memang diperuntukan sebagai aksesoris jembatan bahasa tekniknya adalah Elastomeric Rubber Bearing Pads.
Elastomeric Rubber Bearing Pads sendiri aplikasinya tidak hanya dalam pembangunan jembatan saja, dalam dunia konstruksi Elastomer Bearing Pads digunakan juga dalam berbagai aplikasi di mana dukungan struktural yang fleksibel dan / atau getaran isolasi diperlukan.
* Bridge Railway/Railroad
* Bantalan Karet untuk Beton bangunan
* bantalan karet untuk Pondasi Bangunan
* Area Garasi Parkir
* Walkways dsb
Elastomer Jembatan digunakan dalam pembangunan jembatan mempunyai fungsi antara lain
* 50 durometer
* 55 durometer
* 60 durometer
Kontak kami untuk Spesifikasi,Ukuran dan Harga Perletakan Elastomer Jembatan (Elastomeric Bearing Pads)
Gada Bina Usaha - Malang
Julius Andreas
Telp :0341-795882
Fax : 0341–795882
Mobile : 081838 6648
HOT LINE : 081233069330
Elastomeric Rubber Bearing Pads sendiri aplikasinya tidak hanya dalam pembangunan jembatan saja, dalam dunia konstruksi Elastomer Bearing Pads digunakan juga dalam berbagai aplikasi di mana dukungan struktural yang fleksibel dan / atau getaran isolasi diperlukan.
Karet Jembatan |
Aplikasi yang umum dalam penggunaan Elastomeric Bearing Pad (Bantalan Karet,Rubber Sheet) antara lain :
* Bantalan Karet untuk Beton bangunan
* bantalan karet untuk Pondasi Bangunan
* Area Garasi Parkir
* Walkways dsb
Elastomer Jembatan digunakan dalam pembangunan jembatan mempunyai fungsi antara lain
* Beban Dukungan vertikal dengan defleksi minimum
* Gerakan horisontal dengan Resistensi minimal
* Mengurangi dampak merugikan karena penyusutan dan perubahan suhu
* Meminimalisasi gerakan rotasi dengan resistensi minimal
* Gerakan horisontal dengan Resistensi minimal
* Mengurangi dampak merugikan karena penyusutan dan perubahan suhu
* Meminimalisasi gerakan rotasi dengan resistensi minimal
standard perletakan elastomer jembatan mengikuti standard SNI maupun AASHTO
1.SNI 03-3967-2008 (Spesifikasi Perletakan Elastomer Jembatan Tipe Polos dan Tipe Laminasi)
2.AASHTO M 251 – 04 ( Standard Specification for Plain and laminated Elatomeric Bridge Bearings)
Bantalan Karet Elastomeric Bearing Pad ini dapat diproduksi dengan kekerasan A Shore dari:2.AASHTO M 251 – 04 ( Standard Specification for Plain and laminated Elatomeric Bridge Bearings)
* 50 durometer
* 55 durometer
* 60 durometer
Karet Jembatan |
Gada Bina Usaha - Malang
Julius Andreas
Telp :0341-795882
Fax : 0341–795882
Mobile : 081838 6648
HOT LINE : 081233069330
Korban tewas akibat gempa bumi yang melanda chili telah melonjak di atas 700
sebagai laporan muncul dari kota-kota pesisir yang hancur karena gempa dan tsunami yang menyusul.
Presiden Michelle Bachelet mengatakan 708 orang dikonfirmasi tewas dan total kemungkinan meningkat.
Korban tewas dari hari Sabtu Gempa berkekuatan 8,8 telah berdiri di 400 sebelumnya pada hari Minggu, sebelum televisi negara mengutip pejabat darurat mengatakan bahwa 350 orang tewas di kota pesisir Constitucion, yang terkena tsunami.
Gambar televisi dari pelabuhan nelayan sekitar 350 km selatan-barat ibukota Santiago menunjukkan rumah yang hancur akibat gempa di lepas pantai dan tsunami, yang menghanyutkan perahu nelayan besar ke daratan dan mobil terbalik.
Ada adegan serupa kehancuran di Pelluhue, kota pantai lain, di mana mobil dilemparkan di atas rumah-rumah hancur.
Gambar Lainnya Klik disini
Peta PGA (Perhitungan Percepatan Tanah Maksimum) mencerminkan distribusi
percepatan gempa yg terjadi pada
batuan (base rock), sedang kalau kita ingin tahu berapa besar pengaruh
gempa ini terhadap bangunan, silakan lihat plot2 spectral acceleration
utk struktur/bangunan dg perioda alami 0.3 detik, 1 detik dan 3 detik.
Dari perbandingan plot2 dibawah ini dapat dilihat bahwa bangunan
dengan perioda alami kecil (bangunan kaku) akan mengalami kerusakan
lebih besar dibandingkan dg bangunan dg perioda alami yg tinggi.
Misalnya, bangunan2 yg kaku/rigid akan menderita kerusakan lebih
banyak dibandingkan bangunan tinggi multi-lantai.
Dari plot2 ini, dapat juga ditarik kesimpulan bahwa
gempa yg terjadi di
Chili ini mempunyai predominant period yg rendah (frekwensi tinggi),
tidak banyak redaman yg terjadi saat gelombang gempa merambat,
menunjukkan bahwa sumber gempa relatif dekat dg daerah yg terpengaruh
Gempa Chile dan Gempa Padang mungkin punya kemiripan dari segi
characteristicnya..
Hanya yg Padang sumbernya lebih dalam (intraplate), sedangkan yg Chile
lebih dangkal, kelihatannya di Megathrust (interface).
peta percepatan gempa di daerah sekitar episenter gempa yg
terjadi di Chile.
Sumber - Sumber :www.csmonitor.com,
http://groups.yahoo.com/group/praktisi-jalanjembatan
sebagai laporan muncul dari kota-kota pesisir yang hancur karena gempa dan tsunami yang menyusul.
Presiden Michelle Bachelet mengatakan 708 orang dikonfirmasi tewas dan total kemungkinan meningkat.
Korban tewas dari hari Sabtu Gempa berkekuatan 8,8 telah berdiri di 400 sebelumnya pada hari Minggu, sebelum televisi negara mengutip pejabat darurat mengatakan bahwa 350 orang tewas di kota pesisir Constitucion, yang terkena tsunami.
Gambar televisi dari pelabuhan nelayan sekitar 350 km selatan-barat ibukota Santiago menunjukkan rumah yang hancur akibat gempa di lepas pantai dan tsunami, yang menghanyutkan perahu nelayan besar ke daratan dan mobil terbalik.
Ada adegan serupa kehancuran di Pelluhue, kota pantai lain, di mana mobil dilemparkan di atas rumah-rumah hancur.
Gambar Lainnya Klik disini
Peta PGA (Perhitungan Percepatan Tanah Maksimum) mencerminkan distribusi
percepatan gempa yg terjadi pada
batuan (base rock), sedang kalau kita ingin tahu berapa besar pengaruh
gempa ini terhadap bangunan, silakan lihat plot2 spectral acceleration
utk struktur/bangunan dg perioda alami 0.3 detik, 1 detik dan 3 detik.
Dari perbandingan plot2 dibawah ini dapat dilihat bahwa bangunan
dengan perioda alami kecil (bangunan kaku) akan mengalami kerusakan
lebih besar dibandingkan dg bangunan dg perioda alami yg tinggi.
Misalnya, bangunan2 yg kaku/rigid akan menderita kerusakan lebih
banyak dibandingkan bangunan tinggi multi-lantai.
Dari plot2 ini, dapat juga ditarik kesimpulan bahwa
gempa yg terjadi di
Chili ini mempunyai predominant period yg rendah (frekwensi tinggi),
tidak banyak redaman yg terjadi saat gelombang gempa merambat,
menunjukkan bahwa sumber gempa relatif dekat dg daerah yg terpengaruh
Gempa Chile dan Gempa Padang mungkin punya kemiripan dari segi
characteristicnya..
Hanya yg Padang sumbernya lebih dalam (intraplate), sedangkan yg Chile
lebih dangkal, kelihatannya di Megathrust (interface).
peta percepatan gempa di daerah sekitar episenter gempa yg
terjadi di Chile.
Sumber - Sumber :www.csmonitor.com,
http://groups.yahoo.com/group/praktisi-jalanjembatan
GempaLoka, Earthquake Info Application for BlackBerry
Bagi pengguna Blackberry yang ingin cepat mendapatkan informasi tentang gempa bumi dapat menggunakan aplikasi gratis yang disebut GempaLoka. Aplikasi ini adalah aplikasi buatan lokal.
GempaLoka aplikasi yang menampilkan data gempa bumi baru-baru ini diambil dari Klimatologi Meteorologi dan Geofisika (BMKG) Indonesia. Aplikasi untuk BlackBerry yang memiliki penampilan sederhana dan mudah digunakan.
Daftar lokasi gempa bumi di tanah air diurutkan berdasarkan waktu, yang terbaru di atas. Angka-angka kekuatan gempa muncul dengan huruf besar diikuti dengan lokasi dan kemudian ketika insiden. Tata letak mudah untuk melihat aplikasi user ingin informasi dengan cepat.
GempaLoka ApplicationIf Anda ingin informasi lebih lanjut, pengguna dapat mengklik itu. Informasi lebih lanjut, termasuk daerah, waktu, kekuatan, Loka (lattitude dan bujur) dan kedalaman gempa. Kemudian, GempaLoka juga menyediakan peta Google lokasi gempa di halaman rincian. Peta ini dapat memperbesar untuk melihat lebih dekat lokasi gempa.
Selain itu, aplikasi ini juga dapat memberikan getaran pemberitahuan dan ikon merah ketika gempa bumi yang baru saja terjadi. Pengaturan dan pemberitahuan tentang perubahan apapun dapat dilakukan sesuai dengan preferensi pengguna.
Ingin menggunakannya? Download dari Blackberry http://loka.7langit.com/
Bagi pengguna Blackberry yang ingin cepat mendapatkan informasi tentang gempa bumi dapat menggunakan aplikasi gratis yang disebut GempaLoka. Aplikasi ini adalah aplikasi buatan lokal.
GempaLoka aplikasi yang menampilkan data gempa bumi baru-baru ini diambil dari Klimatologi Meteorologi dan Geofisika (BMKG) Indonesia. Aplikasi untuk BlackBerry yang memiliki penampilan sederhana dan mudah digunakan.
Daftar lokasi gempa bumi di tanah air diurutkan berdasarkan waktu, yang terbaru di atas. Angka-angka kekuatan gempa muncul dengan huruf besar diikuti dengan lokasi dan kemudian ketika insiden. Tata letak mudah untuk melihat aplikasi user ingin informasi dengan cepat.
GempaLoka ApplicationIf Anda ingin informasi lebih lanjut, pengguna dapat mengklik itu. Informasi lebih lanjut, termasuk daerah, waktu, kekuatan, Loka (lattitude dan bujur) dan kedalaman gempa. Kemudian, GempaLoka juga menyediakan peta Google lokasi gempa di halaman rincian. Peta ini dapat memperbesar untuk melihat lebih dekat lokasi gempa.
Selain itu, aplikasi ini juga dapat memberikan getaran pemberitahuan dan ikon merah ketika gempa bumi yang baru saja terjadi. Pengaturan dan pemberitahuan tentang perubahan apapun dapat dilakukan sesuai dengan preferensi pengguna.
Ingin menggunakannya? Download dari Blackberry http://loka.7langit.com/
Gempa & Tsunami Dahsyat Berpotensi Terjadi Lagi di Sumatera
Rita Uli Hutapea - detikNews
Jakarta - Indonesia pernah mengalami gempa dan Jakarta - Indonesia pernah mengalami gempa dan tsunami dahsyat di Aceh dan sekitarnya. Gempa dan tsunami serupa yang menewaskan banyak orang seperti peristiwa 26 Desember 2004 itu bisa terjadi lagi di Sumatera. Dan kota Padang yang baru diguncang gempa tahun lalu, sebagai garis bidiknya.
Demikian peringatan yang disampaikan tim ahli seismologi seperti dilansir kantor berita AFP, Senin (18/1/2010). Peringatan itu dituangkan dalam surat untuk jurnal Nature Geoscience.
Tim ini dipimpin oleh ilmuwan terkemuka John McCloskey, profesor di Institut Riset Sains Lingkungan Hidup di Universitas Ulster, Irlandia Utara. McCloskey terkenal sejak prediksi gempa Sumatera yang cukup akurat di tahun 2005.
Dikatakan tim itu, bahaya tersebut berasal dari dari penumpukan tekanan yang terus-menerus dalam dua abad terakhir di belahan parit Sunda (Sunda Trench), salah satu zona gempa paling mengerikan di dunia, yang berlangsung paralel ke pantai Sumatera bagian barat.
"Ancaman gempa penyebab tsunami yang dahsyat dengan skala kekuatan lebih dari 8,5 di tambalan Mentawai tidak berkurang.... Ada potensi timbulnya korban jiwa sebesar tsunami Samudera Hindia tahun 2004," demikian peringatan tersebut.
Tidak disebutkan kapan waktu kejadian tersebut. Namun dengan jelas diingatkan bahaya untuk Padang, kota dengan 850 ribu jiwa penduduk yang terletak di wilayah yang berisiko tersebut.
"Ancaman untuk peristiwa itu adalah jelas dan kebutuhan untuk aksi mendesak sangatlah tinggi," demikian peringatan para ahli seismologi tersebut.
Lebih dari 220 ribu orang tewas dalam bencana tsunami 26 Desember 2004 saat gempa berkekuatan 9,3 Skala Richter mengguncang parit Sunda bagian Utara.
Pada Maret 2005 lalu, McCloskey telah mengingatkan bahwa gempa yang terjadi pada 26 Desember 2004 tersebut telah menciptakan tekanan utama di bagian yang berdempetan dari kecacatan di sebelah Selatan. Dikatakannya, getaran di wilayah gempa dengan kekuatan 8,5 Skala Richter dengan kapasitas yang mampu menciptakan tsunami akan terjadi dan mengingatkan pemerintah setempat untuk bersiap-siap.
Prediksi McCloskey terbukti kebenarannya dalam dua minggu. Pada 28 Maret 2005, gempa dengan kekuatan 8,6 Skala Richter menerjang Pulau Simeulue dan menciptakan tsunami setinggi 3 meter.
Kini tim McCloskey mengingatkan pemerintah Indonesia untuk mengambil langkah-langkah guna menyiapkan diri terhadap risiko gempa bumi berikutnya di Padang usai gempa dahsyat di Padang pada 30 September 2009.
"Penting sekali bahwa pemerintah Indonesia dengan bantuan komunitas internasional dan organisasi-organisasi nonpemerintah, memastikan bahwa mereka menuntaskan upaya bantuan dan pembangunan tahan gempa usai gempa bumi ini, dan bekerja sama dengan rakyat Padang untuk membantu mereka menyiapkan diri untuk gempa berikutnya," pungkas mereka.
(ita/iy)
Rita Uli Hutapea - detikNews
Demikian peringatan yang disampaikan tim ahli seismologi seperti dilansir kantor berita AFP, Senin (18/1/2010). Peringatan itu dituangkan dalam surat untuk jurnal Nature Geoscience.
Tim ini dipimpin oleh ilmuwan terkemuka John McCloskey, profesor di Institut Riset Sains Lingkungan Hidup di Universitas Ulster, Irlandia Utara. McCloskey terkenal sejak prediksi gempa Sumatera yang cukup akurat di tahun 2005.
Dikatakan tim itu, bahaya tersebut berasal dari dari penumpukan tekanan yang terus-menerus dalam dua abad terakhir di belahan parit Sunda (Sunda Trench), salah satu zona gempa paling mengerikan di dunia, yang berlangsung paralel ke pantai Sumatera bagian barat.
"Ancaman gempa penyebab tsunami yang dahsyat dengan skala kekuatan lebih dari 8,5 di tambalan Mentawai tidak berkurang.... Ada potensi timbulnya korban jiwa sebesar tsunami Samudera Hindia tahun 2004," demikian peringatan tersebut.
Tidak disebutkan kapan waktu kejadian tersebut. Namun dengan jelas diingatkan bahaya untuk Padang, kota dengan 850 ribu jiwa penduduk yang terletak di wilayah yang berisiko tersebut.
"Ancaman untuk peristiwa itu adalah jelas dan kebutuhan untuk aksi mendesak sangatlah tinggi," demikian peringatan para ahli seismologi tersebut.
Lebih dari 220 ribu orang tewas dalam bencana tsunami 26 Desember 2004 saat gempa berkekuatan 9,3 Skala Richter mengguncang parit Sunda bagian Utara.
Pada Maret 2005 lalu, McCloskey telah mengingatkan bahwa gempa yang terjadi pada 26 Desember 2004 tersebut telah menciptakan tekanan utama di bagian yang berdempetan dari kecacatan di sebelah Selatan. Dikatakannya, getaran di wilayah gempa dengan kekuatan 8,5 Skala Richter dengan kapasitas yang mampu menciptakan tsunami akan terjadi dan mengingatkan pemerintah setempat untuk bersiap-siap.
Prediksi McCloskey terbukti kebenarannya dalam dua minggu. Pada 28 Maret 2005, gempa dengan kekuatan 8,6 Skala Richter menerjang Pulau Simeulue dan menciptakan tsunami setinggi 3 meter.
Kini tim McCloskey mengingatkan pemerintah Indonesia untuk mengambil langkah-langkah guna menyiapkan diri terhadap risiko gempa bumi berikutnya di Padang usai gempa dahsyat di Padang pada 30 September 2009.
"Penting sekali bahwa pemerintah Indonesia dengan bantuan komunitas internasional dan organisasi-organisasi nonpemerintah, memastikan bahwa mereka menuntaskan upaya bantuan dan pembangunan tahan gempa usai gempa bumi ini, dan bekerja sama dengan rakyat Padang untuk membantu mereka menyiapkan diri untuk gempa berikutnya," pungkas mereka.
(ita/iy)
Produsen Karet Jembatan
Popular Posts
-
Mengenal Jenis Struktur Jembatan jembatan adalah sebuah struktur yang sengaja dibangun untuk menyeberangi jurang atau rintangan seperti s...
-
Struktur Jembatan Jembatan merupakan struktur yang melintasi sungai, teluk, atau kondisi-kondisi lain berupa rintangan yang berada lebih r...
-
Jual Karet Elastomer Jembatan Ukuran 300 X 350 X 36 mm Jambi Karet elastomer jembatan ukuran 300 X 350 X 36 mm merupakan perletakan elastom...